Total Tayangan Halaman

Senin, 10 Agustus 2015

Pengertian Seni, Tari dan Seni Tari



Pengertian seni.

Seni sendiri berasal dari bahasa sansekerta (sani) yang berarti ‘pemujaan, persembahan dan pelayanan’. Jadi, kata tersebut punya kaitan yang erat dengan upacara keagamaan yang disebut juga dengan ‘kesenian’. Padmapusphita berpendapat bahwa, seni itu berasal dari kata ‘genie’ (bahasa Belanda) yang dalam bahasa latin berarti ‘genius’, tu artinya seni adalah kemampuan luar yang dibawa sejak lahir. Sedangkan jika menurut kajian yang terdapat dalam ilmu eropa disebut dengan ‘art’ yang bisa diartikan sebagai artivisual dari suatu benda yang melakukan suatu kegiatan tertentu.

Seiring dengan perkembangan zaman, bermunculan berbagai macam pendapat yang coba disampaikan oleh para ahli di dunia ini untuk sekadar mendeskripsikan tentang seni dari sudut pandang mereka.

Berikut beberapa pendapat para ahli tersebut:

Pengertian seni menurut Alexander Baum Garton.

“Seni merupakan keindahan dan seni adalah tujuan yang positif, serta menjadikan setiap orang yang meilhat atau mendengarnya merasa bahagia.”

Pengertian seni menurut Emmanuel Kant.

“Seni merupakan suatu impian yang tidak bisa direalisasikan dengan rumus-rumus tertentu.”

Pengertian seni menurut Leo Tolstoy.

“Seni merupakan ungkapan perasaan pencipta yang kemudian diungkapkan pada orang lain dengan harapan agar mereka bisa ikut merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya.”

Pengertian seni menurut Aristoteles.

“Seni merupakan usaha peniruan yang dilakukan terhadap alam, tetapi sifatnya harus ideal”

Pengertian seni menurut Plato dan Rousseau.

“Seni merupakan hasil peniruan dari alam dengan segala seginya.”

Pengertian seni menurut everyman encyclopedia.

“Seni merupakan segala sesuatu yang dilakukan oleh seseorang, namun bukan berdasarkan pada dorongan kebutuhan pokoknya, melainkan atas kehendak kenikmatan, kemewahan ataupun kebutuhan spriritual”

Pengertian seni menurut ensiklopedia Indonesia.

“Seni merupakan ciptaan dari segala hal yang keindahanya mampu membuat orang merasa senang ketika mendengar ataupun melihatnya.”

Pengertian seni menurut Ki Hajar Dewantara.

“Seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari perasaan yang bersifat indah, sehingga mampu menggetarkan hati dan perasaan manusia.”

Pengertian seni menurut Akhdiat Karta Miharja.

“Seni merupakan perbuatan manusia yang mencoba untuk merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya atau bentuk yang isinya memiliki daya tarik untuk membangkitkan suatu pengalaman tertentu dalam alam rohani.”

Pengertian seni menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi.

“Seni merupakan aktifitas batin yang melibatkan pengalaman estetis yang diungkapkan dalam sebuah bentuk agung, yang kemudian mampu membangkitkan rasa haru dan takjub”

Pengertian seni menurut Drs. Sudarmaji.

“Seni merupakan segala bentuk manifestasi batin serta pengalaman estetis yang melibatkan media bidang, garis, tekstur, warna, volume, serta gelap dan terang.”

Pengertian seni menurut Nandawan L. Hasanah.

“Seni merupakan ekspresi jiwa yang memiliki unsur keindahan dan diungkapkan melalui suatu media tertentu yang bersifat nyata dan bisa dinikmati oleh kelima panca indera.”

Pengertian seni menurut Popo Iskandar.

“Seni merupakan sebuah hasil ungkapan emosi yang ingin ditunjukkan kepada orang lain dalam hidup berkelompok/bermasyarakat”

Pengertian seni menurut Schopenheur.

“Eni merupakan segala macam usaha yang dilakukan untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan.”

Pengertian seni menurut Eric Ariyanto.

“Seni merupakan kegiatan rohani atau aktifitas batin yang kemudian direfleksikan dalam bentuk karya yang bisa membangkitkan perasaan senang dari orang lain yang mendengar atau melihatnya.”

Dari penjabaran beberapa pendapat di atas bisa kita simpulkan bahwa seni itu merupakan hasil dari aktifitas batin yang kemudian direfleksikan dalam bentuk suatu karya yang kemudian mampu membangkitkan perasaan senang dari orang lain yang meihat atau mendengarnya. Dalam pengertian ini yang dikategorikan sebagai seni adalah seluruh kegiatan yang mampu menghasilkan suatu karya yang indah.

Seni berdasarkan media yang digunakan, dibagi menjadi 3 yaitu:

·         Seni yang bisa dinikmati lewat media pendengaran atau disebut juga dengan audio art. Seperti seni suara, seni musik, puisi, sastra dan pantun.

·         Seni yang bisa dinikmati lewat media penglihatan atau disebut juga dengan visual art. Seperti poster, lukisan, seni gerak beladiri, seni teater, seni tari, seni bangunan dan lain sebagainya.

·         Seni yang bisa dinikmati lewat media penglihatan atau disebut juga dengan audio visual art. Seperti pagelaran wayang, film dan pertunjukkan musik.

Selain itu, pembagian seni sendiri juga terbagi atas beberapa cabang, seperti seni rupa, seni kriya dan seni sastra. Seni rupa sendiri juga terbagi atas beberapa macam, tergantung dari bentuk dan kegunaanya.

Seni rupa jika ditinjau dari kegunaanya terbagi atas seni rupa murni dan seni rupa terapan, sedangkan jika ditinjau dari segi bentuk terbagi atas 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra).

Pengertian Tari
Tari adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan. Gerakan tari berbeda dari gerakan sehari-hari seperti berlari, berjalan, atau bersenam. Menurut jenisnya, tari digolongkan menjadi tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru. Dansa adalah tari asal kebudayaan Barat yang dilakukan pasangan pria-wanita dengan berpegangan tangan atau berpelukan sambil diiringi musik.

pengertian Seni Tari



Pengertian Seni Tari Menurut Ahli - Apa yang dimaksud dengan seni tari? Seni tari adalah salah satu unsur dari kesenian yang hidup berkembang di masyarakat berupa ekspresi perasaan melalui gerak. Gerak merupakan bahan baku dalam seni tari. Tanpa gerak tidak akan terwujud sebuah tarian. Sebagai ungkapan seni, tari menggunakan gerak-gerik tubuh yang berirama lewat aktivitas ritmis yang indah. Aktivitas ritmis yang dimaksud adalah kegiatan berima, yang isinya gerakan-gerakan berirama kreatif. Sehingga, selain gerak, unsur lain dalam seni tari adalah irama. Irama dalam seni tari diartikan sebagai susunan tempo (waktu) dalam gerak.
Dalam tari terdapat gerakan-gerakan yang memiliki arti atau pesan yang dapat dicerap melalui indera penglihatan, di mana keindahannya dapat dinikmati dari gerakan-gerakan tubuh, terutama gerakan kaki dan tangan, dengan ritme-ritme teratur. Oleh karena itu, tari dapat juga dipandang sebagai bentuk komunikasi yang dapat dipahami oleh semua orang.

Pengertian Seni Tari Menurut Ahli
Selain uraian diatas, terdapat juga beberapa pengertian tentang seni tari yang pernah dikemukakan oleh para ahli, yaitu sebagai berikut:
  • Kamaladevi Chattopadhaya: Tari adalah desakan perasaan manusia di dalam dirinya yang mendorongnya untuk mencari ungkapan yang berupa gerak-gerak yang ritmis.
  • Corrie Hartong: Tari adalah gerak-gerak yang diberi bentuk dan ritmis dari badan di dalam ruang.
  • Pangeran Suryadiningrat: Tari adalah gerak dari seluruh anggota tubuh manusia yang disusun selaras dengan irama musik serta mempunyai maksud tertentu.
  • Enoch Atmadibrata: Tari adalah susunan sikap tubuh di dalam ruang, berlandaskan irama dan gerak.
  • Curts Sachs: Tari adalah gerak yang ritmis.

Jenis dan Bentuk Tari Tunggal Nusantara

Tari tunggal nusantara adalah jenis tari dari Nusantara yang diperagakan oleh seorang penari.Pada dasarnya,istilah tunggal hanya menunjukkan jumlah penari saja. Sementara jenis tarian dapat dimainkan oleh seorang atau lebih penari. Misalnya, Tari Merak bia menjadi tari tunggal, bisa pula menjadi tari berpasangan atau kelompok.Sifat tari tunggal menuju ke arah psikologis yang akan menjadikan seseorang sebagai subjek atau objek dalam suatu kegiatan. Sifat tari tunggal terdiri atas :
1.      Lirik, yaitu tarian yang memusatkan pada subjek atau keadaan diri pribadi, seperti bahagia,atau haru,atau senang.
2.      Epik, yaitu sifat tari yang mengarah pada nilai luar diri, seperti kagum atau manja.

Jenis tari Berdasarkan Koreografinya

  • Tari tunggal ( Solo ), Tari tunggal adalah tari yang diperagakan oleh seorang penari, baik laki-laki maupun perempuan. Contohnya tari Golek ( Jawa Tengah )
  • Tari berpasangan ( duet/pas de duex), Tari berpasangan adalah tari yang diperagakan oleh dua orang secara berpasangan. Contohnya tari Topeng (Jawa Barat)
  • Tari kelompok ( Group choreography), Tari kelompok yaitu tari yang diperagakan lebih dari dua orang.
  • Tari kolosal adalah tari yang dilakukan secara massal lebih dari banyak kelompok dan biasanya dilakukan oleh setiap suku bangsa diseluruh daerah Nusantara






http://carajuki.com/pengertian-seni/
https://id.wikipedia.org/wiki/Tari
http://www.pengertianahli.com/2015/04/pengertian-seni-tari-menurut-ahli.html#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar