Total Tayangan Halaman

Kamis, 09 Juli 2015

Jadilah seperti padi

Sebuah istilah mengatakan “jadilah seperti padi, kian berisi kian merunduk”. Manusia dapat diumpamakan seperti benih-banih padi, ada benih yang berkualitas baik dan benih yang kurang baik. Dari benih-benih itu akan tumbuh dan berkembang menjadi tanaman padi. namun untuk menjadi tanaman padi baik, dibutuhkan  nutrisi-nutrisi yang baik pula dalam proses pertumbuhannya seperti : pemberian pupuk yang sesuai, air yang mencukupi,  pemberian insektisida yang tidak berlebihan, dan cuaca yang baik.
Lalu, jika semua nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh sudah terpenuhi dengan baik, maka hasilnya tanaman padi akan tumbuh dengan subur dan bulir-bulir padi menjadi semakin berisi. Tetapi jika nutrisi yang diperlukan oleh tanaman padi masih kurang terpenuhi maka, tumbuhan padi tidak akan tumbuh dengan subur dan hasilnya juga kurang baik, malah akan mengakibatkan kerugian dan bisa jadi bila ada penyakit pada padi itu akan menularkan pada tumbuhan padi yang lain.
Sama hal nya dengan manusia yang memiliki bermacam-macam karakter, perilaku, bakat dan kemampuan. Tidak semuanya baik dan ada pula manusia yang memiliki karakter perilaku kurang baik dan kemampuan yang tidak menonjol. Tetapi semua itu dapat berubah dengan memberikan pengajaran yang sesuai, menyediakan lingkungan yang nyaman, pelatihan untuk mengasah bakat, dan pengembangan diri. Itu semua dapat dikembangkan. baik disekolah, dilingkungan keluarga, tempat bermain dan sebagainya.
Contohnya seorang anak yang sudah dididik dan diasah dengan baik, mulai dari karakter, perilaku, bakat serta kemampuan yang dimilikinya akan mampu tumbuh dan berkembang dengan baik, serta menjadi orang yang sukses. Meskipun awalnya dia memiliki kualitas kaarakter dan kemampuan yang kurang. Tetapi kalau seorang anak tidak mendapatkan didikan yang layak dan sesuai, maka mengakibatkan seorang anak itu akan mempunyai karakter, perilaku yang kurang baik, kemudian bakat dan kemampuannyapun menjadi sia-sia.
Yang berarti istilah “jadilah seperti padi, kian berisi kian merunduk”. Orang yang semakin banyak ilmu akan semakin rendah hati. Maksud dari pesan itu adalah jika kita memiliki ilmu janganlah sombong, tetapi sebaliknya hendaklah berbagi ilmu yang sudah didapatkan, agar ilmu tersebut tidak terbuang sia-sia dengan hanya menyimpannya sendiri. Dan ilmu tidak akan pernah habis walaupun dibagikan kepada semua orang. Sedangkan orang yang sombong layaknya seperti padi yang tidak berisi. yang sudah banyak menyerap ilmu tetapi hanya digunakan untuk dipandang baik oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar